Wednesday, November 5, 2014

Seluk beluk TCP/IP


    A.      Definisi TCP/IP dan IP address
Sebelum dua atau lebih computer dapat berkomunikasi satu sama lain, sebuah set peraturan harus ditetapkan untuk mendeskripsikan prosedur untuk setiap host atau Router di sebuah jaringan agar dapat mengirim atau menerima sebuah data. Set peraturan ini dikenal sebagai “ Protokol “, dan TCP / IP itu sendiri adalah set peraturan paling umum yang digunakan dewasa ini. Untuk mengenal lebih lanjut tentang jaringan ataupun jaringan berbasis internet, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang protocol TCP / IP.

   B.      Apa sih IP address itu
IP digunakan untuk menamai sebuah device dalam sebuah jaringan agar bisa berkomunikasi satu sama lain, layaknya sebuah pertemuan dengan orang baru; kita harus mengetahui lebih dulu nama dari lawan bicara; begitupun juga dengan device yang ada di jaringan, mereka harus mengenali satu sama lain.

Yang membuat IP address unik karena setip address yang diberikan hanya dapat mengidentifikasi hanya satu host di internet.  Jadi, setiap host atau router yang ingin berkomunikasi satu sama lain di internet harus menggunakan skema pengalamatan yang ada di TCP/IP ( Yaitu pemberian IP address dan lain – lain yang akan dijelaskan lebih lanjut nanti ).
IP address adalah angka berukuran 32 Bit ( 4 Byte ) yang ditulis dengan notasi titik. Jadi simple, tiap 8 bit / 1 Byte yang ada di IP address akan dibagi dengan titik sehingga akan membuat angka IP address menjadi 4 bagian.
Contoh : 192.168.10.21  ß Ini juga dikenal sebagai angka decimal
11000000.10101000.00001010.00010101 ß Ini adalah angka biner dari IP address diatas, akan dipelajari -lebih lanjut nanti
Nah, jika kita lihat dengan seksama, apabila setiap kelompok yang dibagi dengan titik itu berisi angka 11111111 maka bila kita convert ke decimal akan berbunyi 255 ( Atau pakai calculator ).
Ini berarti bahwa setiap kelompok tersebut dapat mewakili angka dari 0-255 ( Ada 4 kelompok dalam IP address ) . Itu akan membuat  IP address yang tersedia sebesar 4,294,967,296 buah.
Di IP address juga masih dibagi lagi unsurnya, seperti Network id ( netid ) dan host id, netid sendiri berfungsi untuk menunjukkan jaringan yang dipakai, sedangkan HOST id digunakan untuk menunjukkan identitas semua device yang ada di jaringan tersebut seperti Workstation, server, router.

   C.      Kelas – Kelas IP address


No comments:

Post a Comment